Musik & Multimedia

Informasi Musik dan Multimedia

Laptop Nokia

INILAH.COM, Helsinki � Pembuat ponsel terbesar di dunia, Nokia akan masuk ke bisnis laptop. Upaya Nokia akan mendapat tantangan berat, di pasar yang persaingannya sangat ketat itu.

"Kami juga memikirkan peluang itu," kata Chief Executive Nokia Olli-Pekka Kallasvuo saat ditanya apakah Nokia merencanakan akan membuat laptop.

Rumor Nokia akan masuk ke industri PC sudah muncul sejak akhir tahun lalu. Tapi pernyataan Kallasvuo merupakan pengakuan resmi pertama.

"Kami tidak akan melihat lagi apa yang disebut ponsel, selama lima tahun mendatang tapi kami melihat PC sebagai media konvergensi," kata Kallasvuo.

"Kini kami sudah memiliki ribuan dari jutaan orang yang mengakses internet lewat ponsel. Ini merupakan indikasi yang bagus," katanya.

Komentar Nokia ini muncul sepekan setelah penjual PC terbesar 3 dunia Acer, mengumumkan akan masuk ke bisnis ponsel. Upaya Acer ini mengikuti market leader Hewlett-Packard dan penjualan PC nomor 4 Lenovo di wilayah yang pertumbuhannya tinggi itu.

Profit margin yang tinggi membuat vendor PC tertarik untuk terjun ke pasar smartphone. Ini bertentangan dengan margin industri komputer yang makin tipis.

"Nokia mungkin gugup masuk segmen pasar yang sudah dipenuhi pemain. Tapi memiliki kekuatan dalam skala produksi, jaringan pemasok dan distribusi," kata direktur riset Ben Wood dari CCS Insight.

"Operator dan retailer menambah tawaran notebok dan netbook pada jajaran produknya berdampingan dengan ponsel. Dengan kenyataan ini tidak mengherankan jika Nokia mengevaluasi segmen ini," tambahnya

0 komentar: